www.fotolokasi.com - Waduk Darma Kuningan merupakan sebuah lokasi waduk buatan yang terletak di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waduk ini telah menjadi icon pariwisata Kuningan sejak pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1987. Selain menjadi sumber air bagi irigasi di sekitar waduk, Waduk Darma juga menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan luas sekitar 700 hektar, Waduk Darma menawarkan pemandangan indah pegunungan dan perbukitan serta keindahan kawasan persawahan di sekitar waduk. Waduk yang berada di ketinggian 600 meter dari permukaan laut ini juga menjadi tempat berkembangnya flora dan fauna yang cukup banyak. Beberapa jenis ikan seperti nila, mujair, dan lele dapat ditemukan di dalam waduk ini.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di Waduk Darma seperti memancing ikan, berkemah, dan berenang. Pengunjung juga dapat berkeliling waduk dengan menyewa perahu atau sekedar menyaksikan kegiatan nelayan lokal yang mencari ikan di waduk.

Selain itu, Waduk Darma Kuningan juga memiliki spot untuk menikmati senja atau sunrise yang indah. Salah satu yang terkenal adalah di puncak Bukit Penanggungan yang terletak di sekitar waduk. Dengan trekking sekitar 20 menit dari pinggiran waduk, pengunjung bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam dengan pemandangan pegunungan di sekelilingnya.

Namun, belakangan ini potensi wisata di Waduk Darma semakin berkembang dengan dibangunnya beberapa fasilitas pendukung seperti pusat informasi, kafe, area parkir, dan tempat penginapan. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini, Waduk Darma Kuningan semakin diminati oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana pedesaan yang tenang.

Lihat di Youtube


Meskipun sudah menjadi destinasi wisata yang cukup terkenal, pihak pengelola Waduk Darma Kuningan tetap berupaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem di sekitar waduk. Beberapa kegiatan seperti penghijauan dan pengawasan terhadap nelayan yang beroperasi di waduk dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar Waduk Darma. Secara keseluruhan, Waduk Darma Kuningan merupakan destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan keindahan alam yang masih asli dan suasana pedesaan yang tenang, pengunjung dapat merasakan kembali kehidupan yang sederhana dan keindahan khas alam Indonesia.

Namun, seiring dengan berkembangnya potensi wisata, langkah-langkah untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar waduk tetap harus dilakukan untuk menjaga keindahan dan keberlanjutan destinasi wisata ini.

Nama/Lokasi : Waduk Darma Kuningan
Kategori : Pariwisata, Wisata Alam
Lokasi Alamat : Waduk Darma, Darma, Kuningan Regency, West Java
Tahun : 2022
Photo by : PMP Land
Website : https://www.youtube.com/@pmplandid
Peta Lokasi :  

Lihat di Google Maps




Post by: Foto Lokasi

Author © Fotonia Lokasia

Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours