www.fotolokasi.com - Pulau Bali memiliki luas 5.780 km² di sekeliling pantainya terdapat banyak keindahan-keindahan alam, contohnya di wilayah selatan Bali, Jalan Raya Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan. Ada lokasi yang dijadikan Cultural Park, yaitu Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). Lokasi taman budaya GWK tepatnya berada di Bukit Ungasan, yang merupakan lahan luas dataran tinggi di selatan Bali, Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana - Part of Garuda Statue - Photo by Nuqee

Ide awal pembangunan wisata GWK diprakarsai pada tahun 1992, kemudian pembangunan berjalan hingga tahun 1997. Setelah itu terhenti selama 16 tahun, kemudian di tahun 2013 pembangunan dilanjutkan kembali. Tahap akhir dari pembangunan GWK adalah penyatuan bagian-bagian patung Garuda Wisnu Kencana menjadi satu kesatuan dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2017. Mengingat nantinya patung Garuda Wisnu Kencana ini akan menjadi patung raksasa iconic dunia, seperti Patung Liberty America, Christ the Redeemer Brazil, dan negara-negara lainnya.

Garuda Wisnu Kencana - Part of Wisnu Statue - Photo by Nuqee

Kemegahan GWK tak lepas dari nama I Nyoman Nuarta, seorang seniman pematung, arsitek, banyak karya patung dan monumen hasil desainnya. Diantara yang terkenal adalah Monumen Proklamasi Jakarta, Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya hingga karya besarnya dalam pembangunan Garuda Whisnu Kencana Bali.

Tinggi bagian penyangga patung GWK 45 m, lebar rentang sayap Garuda 64 m dan ketinggian patung 75 m. Tinggi keseluruhan patung GWK dari dasar sampai puncak adalah 120 m, ditambah ketinggian lahan Bukit Ungasan yang mencapai 276 meter diatas permukaan laut membuat GWK dapat dilihat dari jarak radius 20 km. Terlihat di wilayah Sanur, Kuta, Tanah Lot dan wilayah Bali lainnya.

Taman Budaya GWK dibangun diatas lahan sekitar 60 hektar, dengan luas lahan GWK Cultural Park yang sangat memadai, lokasi GWK sering dijadikan tempat perhelatan akbar. Sebagai tempat event privat dan umum yang bertaraf Nasional dan Internasional. Seperti upacara adat, keagamaan, pagelaran seni, konser musik, acara perusahaan, dan acara-acara hiburan lainnya.

"Ada pengalaman dari pekerja Event Organizer di Jakarta, sekitar awal tahun 2014 saat itu baru mengetahui perihal pembangunan GWK. Kemudian sempat ada plesetan penyebutan antara lokasi event yang mereka kerjakan di Jakarta dan di Bali. Yaitu event di Gelora Bung Karno GBK menjadi GWK Gelora Wung Karno."

Lokasi event map Garuda Wisnu Kencana diantaranya adalah:
  • Lotus Pond
  • Plaza Wisnu
  • Exhibition Hall
  • Amphitheater
  • Street Theater
  • Jendela Bali The Panoramic Resto
  • Tirta Agung

Lotus Pond adalah area lapang yang paling luas di GWK, area ini sering dijadikan lokasi acara massal. Sedangkan Wisnu Plaza adalah area tinggi di GWK. Bagi pengunjung telah disediakan teropong yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan wilayah Bali dari ketinggian. Pada waktu-waktu tertentu pengunjung bisa berkesempatan melihat tarian tradisional Bali, irama musik Rindik (alat musik tradisional Bali), pertunjukan Barong, Ogoh-ogoh, dan Rangda.

Tidak lengkap bila mengunjungi suatu tempat pulang tidak membawa buah tangan. Oleh karena itu di Street Theater banyak toko yang menjual Artcraft Bali, Souvenir Bali, dan oleh-oleh. Sajian jajanan kuliner dan restoran juga banyak terdapat disini. Berbagai menu, rasa, serta harga yang cukup terjangkau.

Hal yang mengasikan karena lokasi Garuda Vishnu Kencana berada di ketinggian Bukit Ungasan, pengunjung bisa puas berfoto, berjalan-jalan dan menikmati panorama. Tak hanya itu saja, bila tiba sore hari pengunjung bisa melihat sunset dari ketinggian, yang sudah pasti tidak kalah indah dengan melihat matahari terbenam di pantai.

Nama/Lokasi : Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana
Kategori : Taman dan Prasasti, Monumen
Lokasi Alamat : JL. Uluwatu Raya, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan,
Kabupaten Badung, Bali, Indonesia
Tahun : 2014
Photo by : Nuqee
Website : nuqeestory.blogspot.co.id
Peta Lokasi :


Written by: Nanda Sanjaya, Edited by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours