www.fotolokasi.com - Fakta pertama Surabaya menjadi salahsatu kota maritim terbesar di Indonesia, adalah dengan adanya keberadaan Markas Besar TNI Angkatan Laut Armada Timur berada di Kota Pahlawan ini. Sedangkan fakta kedua adalah Pelabuhan Tanjung Perak menjadi pelabuhan teramai nomor 2 setelah Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Lalulintas laut di pelabuhan ini mencapai ratusan kapal setiap hari, dari kapal transportasi, kapal kargo, kapal industri, kapal tanker, kapal ikan, hingga kapal pesiar mewah.

Surabaya North Quay - Photo by Edowndx
Dalam rangka meningkatkan wisata melalui pelabuhan di kota yang memiliki banyak julukan ini, pada tanggal 27 Februari 2016 diresmikan sebuah lokasi wisata Surabaya North Quay (SNQ). Objek wisata yang dikelola oleh PT. Pelindo III (Persero) memberikan kenyamanan sambil rekreasi bagi wisatawan lokal dan mancanegara. SNQ Pelabuhan Utara Surabaya dijadikan juga sebagai lokasi bersandarnya Kapal Pesiar Internasional (International Cruise).

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya memiliki beberapa terminal, yaitu:

  • Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara
  • Terminal Jamrud
  • Terminal Mirah
  • Terminal Nilam
  • Terminal Berlian
  • Terminal Kalimas
  • Terminal Petikemas Surabaya
  • Terminal Teluk Lamong

North Quay Surabaya berada di Gedung Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) lantai 2 dan 3. Desain gedung GSN yang modern dibangun menyerupai bentuk kapal pesiar mewah, terdapat ruang terbuka yang berfungsi sebagai cafe tenda dengan alas lantai rumput sintetis. Tidak hanya bagian luarnya saja, interior GSN terlihat sangat apik, tempat duduk yang tertata rapi menambah kenyamanan pengunjung yang datang untuk wisata belanja barang-barang industri kreatif dan produk UMKM.

Bagi Arek Suroboyo, NQS (North Quay Surabaya) menjadi tempat yang asik dikunjungi, bersama teman dan keluarga, menikmati hiburan, mencicipi sajian kuliner khas Surabaya dengan iringan irama musik pertunjukan. Yang tak kalah asik lagi adalah sambil melihat keindahan pemandangan laut dan pelabuhan. Terlebih pada malam hari, keindahan terlihat sangat eksotis dengan banyaknya lampu kapal dan lampu dari jalan toll Jembatan Suramadu.

Nama/Lokasi : Surabaya North Quay
Kategori : Transportasi, Pelabuhan
Lokasi Alamat : Perak Utara, Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur
Tahun : 2016
Photo by : Edowndx
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours