www.fotolokasi.com - Belakangan ini, mendaki gunung menjadi aktivitas favorit. Berawal dari munculnya film yang bertemakan pendakian, orang-orang banyak yang mencoba atau sekadar ikut-ikutan mendaki sehingga akhirnya mendaki gunung menjadi sebuah lifestyle di kalangan masyarakat. Nah, bagi seorang pendaki pemula, bisa memulai pendakian dari gunung-gunung yang berada di wilayah Jawa Barat. Gunung di daerah Jawa Barat memiliki jalur pendakian yang cukup mudah. Contohnya adalah Gunung Papandayan. Papandayan, Gunung yang Cocok Untuk Pendaki Pemula.

Hutan Mati Gunung Papandayan

Gunung Papandayan terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung yang memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu berada sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Untuk mengunjungi Gunung yang pernah meletus pada tahun 1772 ini, bisa melewati satu diantara dua jalur pendakian, yakni jalur Cisurupan atau Pengalengan. Kedua jalur tersebut memiliki beberapa perbedaan trek, namun jalur Cisurupan lah yang menjadi favorit para pendaki karena treknya yang aman dan bersahabat.

Jalan Berbatu Gunung Papandayan
Sebelum memulai pendakian, terlebih dahulu pengunjung harus pergi ke gerbang pendakian. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju base camp "Camp David", bisa dengan menyewa ojek atau mobil bak dengan tarif Rp 20.000 – Rp 30.000. Di basecamp Camp David, para pendaki melakukan registrasi dan membayar uang retibusi sebesar Rp 7.500 per orang. Setelah itu pendakian bisa dimulai.

Trek Berbatu Gunung Papandayan
Track pertama yang harus dilewati, yaitu trek bebatuan dengan jalur yang menanjak. Jalur bebatuan ini akan membuat para pendaki pemula merasa sakit di bagian lutut. Di area ini terdapat kawah belerang yang baunya sangat menyengat. Gunung Papandayan memiliki 14 kawah, namun tidak semua kawahnya mengeluarkan asap berwarna putih, beberapa diantaranya ada yang mengeluarkan asap berwarna kuning.

Kawah Gunung Papandayan

Setelah melewati jalur bebatuan, perjalanan hiking akan memasuki hutan. Di sini suasana terasa sejuk karena di kelilingi oleh banyak pepohonan. Tidak lama berjalan melewati hutan, sebentar lagi akan sampai di Pondok Saladah, tempat yang memungkinkan untuk mendirikan tenda atau jika ingin naik lebih keatas, bisa langsung melanjutkan perjalanan ke Tegal Alun. Namun kita mencoba untuk bisa bermalam di alam terbuka di lokasi Pondok Salada. (lihat artikel: Tegal Alun, Surganya Bunga Edelweiss di Indonesia).

Jalur Menuju Pondok Saladah Gunung Papandayan


Nama/Lokasi : Gunung Papandayan
Kategori : Foto Kiriman, Pariwisata, Wisata Alam
Lokasi Alamat : Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia
Tahun : 2015
Photo by : Amri
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.