www.fotolokasi.com - Satu lagi tempat wisata di Padalarang yang wajib dikunjungi, yaitu Gua Pawon Padalarang. Lokasi Goa Pawon sangat berdekatan dengan tempat wisata Taman Batu Padalarang (Stote Garden), tepatnya berada di utara dari Stone Garden Padalarang (lihat artikel: Stone Garden Geopark Padalarang).

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Gua ini terletak di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, dekat dengan Kecamatan Cipatat. Jika berangkat dari Jakarta, maka patokan nya akan bertemu deretan penjual batu nisan dan marmer. Lalu kita dapat mengambil jalan belok ke kiri. Dimana di mulut jalan itu terdapat gapura bertuliskan “Goa Pawon”. Setelah memasuki gapura, perjalanan masih berlangsung sekitar 2km untuk menuju ke sebuah tempat parkir yang jarak antara lokasi parker dan lokasi Gua Pawon cukup dekat.

Untuk memasuki Gua Pawon, traveler diharuskan mengisi daftar pengunjung dan membayar uang retribusi. Uang retribusi tidak seberapa dibandingkan dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang bisa didapatkan di sini. Pasalnya, Gua Pawon ini merupakan tempat penting bagi masyarakat Sunda khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya. Karena di Gua Pawon pernah ditemukan tulang kerangka manusia purba yang sampai saat ini masih diteliti di Balai Arkeolog Bandung.

Setelah membayar uang masuk dan mengisi maksud dan tujuan datang ke sana, yang pertama dilewati adalah anak tangga yang pada saat itu baru selesai dibuat. Setelah mendekati mulut gua akan tercium aroma tak sedap bau kotoran kelelawar yang sangat menyengat hidung. Pada akhirnya harus melewati celah batu yang sempit untuk bisa masuk lebih dalam ke dalam gua.

Pemandangan di dalam gua sangat indah dan eksotis. Gua tersebut terdiri dari ruangan-ruangan yang cukup besar tempat huni para kelelawar. Dimana ruangan besar tersebut saling berhubungan dengan lorong-lorong sebagai penghubungnya. Ada pula lubang di atap langit-langit gua tempat masuknya cahaya yang juga tempat hilir mudik kelelawar mengitari berkas cahaya. Ada yang disayangkan di sini, stalagtit dan stalagmit tidak terlalu banyak, bahkan beberapa berakhir terpotong karena keberadaannya menghalangi jalan.

Di bagian luar gua, terdapat sebuah replika orang purba dalam posisi sedang meringkuk. Tempat itu dipagari agar tidak dirusak oleh tangan-tangan jahil pengunjung. “Pawon” adalah bahasa Jawa yang berarti tempat memasak atau tungku api tempat memasak menggunakan kayu bakar. Oleh karena itu, ada sebuah legenda cerita tradisional masyarakat Jawa Barat yang menyebutkan bahwa ruangan di dalam Gua Pawon tersebut merupakan dapur Dayang Sumbi (legenda Sangkuriang).

Gua ini sebenarnya adalah sebuah situs purbakala benda cagar budaya peninggalan prasejarah yang banyak memiliki nilai budaya dan pendidikan, namun sayang popularitas Gua Pawon sendiri sebagai tempat wisata kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Bandung.

Seiring waktu, fasilitas yang berada di Gua Pawon sudah semakin banyak yang tersedia. Adanya lahan parkir yang cukup luas, lokasi wisata Gua Pawon pun sudah tertata rapi, jalan sudah dipaving dan juga terdapat pendopo yang dapat digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge

Pawon Cave Padalarang | Click photo to enlarge


Nama/Lokasi : Gua Pawon Padalarang
Kategori : Cagar Budaya, Foto Kiriman, Pariwisata
Lokasi Alamat : Kampung Griya Mulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat
Tahun : 2015
Photo by : Amri
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.