Home » , , » Wisata Alam Pasanggrahan Prabu Siliwangi

Wisata Alam Pasanggrahan Prabu Siliwangi

Written By Fotonia Lokasia on 6/4/13 | 07:11

www.fotolokasi.com - "Lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi" terletak di Desa Pajajar Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Wilayahnya yang sejuk dan indah terletak di dalam hutan kaki Gunung Ciremai sebelah barat maka Pemda Jawa Barat khususnya Pemda Kabupaten Majalengka menetapkan lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi sebagai tujuan "Wisata Alam" yaitu Wisata Alam Pasanggrahan Prabu Siliwangi Hutan Wisata dan Objek Keramat. Seperti kebanyakan di lokasi-lokasi wisata di wilayah Jawa Barat, maupun cirebon dan sekitarnya, di lokasi ini juga terdapat simbol wilayah Jawa Barat seperti terdapatnya Patung Macan Siliwangi dan Monumen Tugu Kujang. Kujang adalah senjata tradisional khas Jawa Barat.

Pasanggrahan Prabu Siliwangi

Menelusuri jejak keberadaan "Prabu Siliwiwangi" banyak kisah yang menceritakan nya, dari cerita babad tanah pajajaran baik cerita tertulis, cerita secara turun temurun sampai cerita dalam sinetron televisi. "Pesanggrahan" atau dalam penyebutan Bahasa Sunda nya adalah "Pasanggrahan" bermakna banyak arti seperti Tempat Bernaung, Tempat Singgah, Tempat Tinggal, Tempat Berdiam, Tempat Bertapa dan arti-arti sejenis dengan kata "tinggal" lainnya. Maka Pasanggrahan Prabu Siliwangi pada zaman dulu kala konon merupakan sebagai tempat singgah/pertapaan (Petilasan: dalam bahasa daerah) nya Prabu Siliwangi. Oleh karena itu keberadaan Makam Keramat Prabu Siliwangi yang berupa cungkup batu dan batu besar yang terdapat di lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi ini bukan berarti Makam dalam artian sebenarnya (kuburan) akan tetapi memiliki artian "Tempat". Sedangkan keberadaan makam Prabu Siliwangi yang sebenarnya lokasi persisnya sampai saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Pesanggrahan Prabu Siliwangi | Click photo to enlarge

Akses kendaraan menuju lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi juga dapat ditempuh dengan kendaraan dan roda dua, di mulai dari terminal Rajagaluh transportasi yang ada sampai saat ini menggunakan angkutan bak terbuka mobil PickUp. Saat berkendara dengan mobil bak terbuka selama perjalanan menuju Desa Pajajar sudah terlihat panorama alam yang indah dengan sejuknya udara pegunungan dan jernihnya sungai pegunungan. Menelusuri jalan pegunungan yang berliku membuat rasa penasaran untuk cepat sampai di Petilasan Prabu Siliwangi ini. Sesampainya di Desa Pajajar lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi, di lokasi ini dekat juga dengan Balai Desa Pajajar. Sebuah pohon beringin besar terlihat saat kendaraan berhenti dan perjalanan menuju lokasi wisata alam ini dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 5 sampai 10 menit menuju gerbang pesanggrahan.

Monyet liar di Petilasan Prabu Siliwangi

Di tahun 2011 dengan membayar retribusi tiket masuk seharga Rp 3.000, pengunjung sudah diberikan kemanjaan di lokasi wisata alam ini. Dimana pada saat menginjakkan kaki di lokasi Gerbang Pasanggrahan Prabu Siliwangi, pengunjung akan langsung disambut oleh kumpulan-kumpulan monyet yang masih berkeliaran di hutan yang asri ini. Puluhan monyet-monyet ramah ini menyambut sambil berharap pengunjung memberikan makanan kecil atau snack yang di bawa seperti kacang ataupun roti ataupun makanan kecil yang juga dijual oleh penjual makanan yang terdapat di lokasi ini untuk dibagi-bagikan ke monyet-monyet.

Monyet lucu

Monyet-monyet ini cukup ramah akan tetapi pengunjung tidak sembarangan menaruh makanan/jajanan nya. Jika memang demikian, biasanya monyet-monyet akan menyambar makanan yang tergeletak yang lengah pengawasan pemiliknya. Hal yang cukup unik dari keberadaan monyet-monyet ini adalah tingkah lakunya, yaitu  pada saat terdengar kumandang Adzan semua monyet-monyet ini naik ke atas pohon dan setelah kumandang adzan berakhir kemudian monyet-monyet ini turun lagi dari pohon. Menurut cerita yang yakini masyarakat sekitar tentang monyet-monyet di lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi konon dulunya adalah prajurit-prajurit Prabu Siliwangi yang membangkang atau tidak setia.

Patung Macan Siliwangi

Di kawasan area Pasanggrahan Prabu Siliwangi Kabupaten Majalengka, juga terdapat sebuah kolam jernih, sebuah telaga yang bernama "Sanghiang Talaga Emas". Ukuran telaga sekitar 50 meter ini di dalamnya terdapat ikan-ikan yang sangat besar. Konon dulunya ikan-ikan ini adalah juga prajurit-prajurit yang dikutuk oleh Prabu Siliwangi menjadi ikan. Jumlah ikan-ikan di telaga dewa emas ini selalu tetap, tidak bertambah dan tidak juga berkurang. Ada kepercayaan yang beredar dari masyarakat sekitar tentang benar  atau tidaknya legenda tentang ikan dewa ini, sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil atau memancing ikan ini karena ada kepercayaan bahwa barang siapa yang berani mengusk ikan-ikan di Talaga Mas ini akan mendapatkan kesusahan.

Talaga Mas

Dekat dengan lokasi kuncup batu besar petilasan Prabu Siliwangi, juga terdapat sebuah pancuran telaga kecil denan nama "Sanghiang Talaga Pancuran". Adapun sumber mata air telaga dengan tujuh pancuran ini juga digunakan pengunjung untuk membasuh atau mandi bagi pengunjung yang datang berziarah ke Petilasan Prabu Siliwangi.

Flying Fox

Melengkapi perjalanan wisata alam ini di lokasi Pesanggrahan Prabu Siliwangi juga terdapat sarana Outbound. Dengan membayar tiket sewa naik Flying Fox Rp 5.000,- Kurang lengkap kiranya jika pengunjung yang datang tidak mencoba sensasi Flying Fox melintasi danau bergelantungan dengan kepala di bawah dan kaki diatas.

Artikel ini dibuat untuk mendukung artikel asli Foto Lokasi Pasanggrahan Prabu Siliwangi sebelumnya. Klik Pasanggrahan Prabu Siliwangi


Name : Pasanggrahan Prabu Siliwangi
Category : Wisata Hutan, Wisata Keramat, Cagar Budaya
Location : Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka
Jawa Barat, Indonesia
Date Taken : 2011
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

View Pasanggrahan Prabu Siliwangi in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share this article :

+ comments + 2 comments

Boleh juga nih berwisata ke Pesanggrahan Prabu Siliwangi, informasinya lengkap banget, jadi udah ada gambaran sebelum berwisata ke sana... kapan yah? Makasih Infonya sob dan sukses selalu :)

kapan kapan mamang ke tempat ini ah bersama keluarga... terimakasih infonya sob

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Foto Lokasi - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger