Home » , » Saatnya Renovasi Tangga Penyeberangan Jalur Kereta Api

Saatnya Renovasi Tangga Penyeberangan Jalur Kereta Api

Written By Fotonia Lokasia on 6/27/13 | 14:08

www.fotolokasi.com - Jembatan tangga penyeberangan bagi pejalan kaki yang melitas diatas rel kereta api di Indonesia khususnya di pulau Jawa, bangunan nya terbuat dari besi dan di setiap daerah bentuk serta konstruksi bangunannya selalu sama. Terbuat dari rangka baja, dengan lantai jembatan terbuat dari plat besi serta pagar dan pada bagian pagar jembatan dan atap jembatan terdapat kawat pengaman. Tentunya kawat ini dipasang bertujuan untuk keamanan dan keselamatan pejalan kaki yang melintasi tangga penyeberangan rel, seperti kawat di bagian pagar untuk mencegah orang untuk meloncat atau melemparkan benda yang bisa membahayakan kereta api.
Karena tepat dibawah kawat pengaman tersebut itu sejajar dengan jalur kereta api. Sedangkan pada bagian atap dipasang kawat besi digunakan sebagai pengaman bila terjadi putus kabel listrik yang terdapat diatas jembatan. Sekarang sudah Saatnya Renovasi Tangga Penyeberangan Jalur Kereta Api khususnya tangga penyeberangan rel kereta api yang di gunakan pejalan kaki di Lokasi Dipo Lokomotif Jatinegara. Mengingat kondisinya membuat pejalan kaki yang melintasi rel kereta api di kawasan Dipo Lokomotif Jatinegara harus lebih berhati-hati, apalagi bagi pengunjung yang akan Memperkenalkan Kereta Api Pada Anak agar tetap memperhatikan keselamatan. Karena dengan keberadaan benda dan bangunan Cagar Budaya Dipo Lokomotif Jatinegara dan bangunan PLAA (Pembangkit Listrik Aliran Atas) yang terdapat di lokasi Dipo Lokomotif Jatinegara, sudah pasti ada pengunjung yang datang baik untuk keperluan penelitian, pembelajaran ataupun wisata.

Seorang bapak yang mengajak anaknya melihat-lihat kereta api di Dipo Lokomotif Jatinegara


Benda dan Bangunan Cagar Budaya Dipo Lokomotif Jatinegara
Click photo to enlarge

Menelusuri setiap sudut Dipo JNG yang luas ini makin leluasa manakala melihatnya dari jembatan tangga penyebrangan yang melintas di atas rel kereta. Tapi sayang jembatan yang diperkirakan telah berumur 50 tahun dan masih digunakan oleh pejalan kaki, terutama penduduk disekitar Dipo JNG ini. Keberadaan nya sangat memperihatinkan bagi pejalan kaki. Bangunan jembatan besi ini tidak berubah sejak puluhan tahun, hanya berganti warna cat nya saja. Kondisi jembatan kian parah dengan kondisi anak tangga yang keropos, bahkan hampir seluruh anak tangga sudah hancur dan hilang tanpa anak tangga. Beberapa bagian anak tangga yang terbuat dari plat besi telah keropos berkarat rusak sejak lama kini telah digantikan dengan kayu yang sudah rapuh juga. Mungkin terlihat perbedaan yang sangat mencolok antara perpaduan besi dan kayu ataukah terlihat sama antara perpaduan besi yang keropos dengan kayu yang sudah rapuh.

Kondisi tangga rusak | Click photo to enlarge

Pejalan kaki yang melintasi tangga penyeberangan rel kereta api Dipo Lokomotif Jatinegara
Kondisi ini tentu menuntut pejalan kaki untuk lebih berhati-hati pada saat melewati jembatan tangga penyeberangan rel kereta api Dipo Lokomotif Jatinegara kelurahan Pisangan Baru. Saat itu kebetulan ada dua wanita yang naik tangga penyeberangan melintasi rel kereta api Dipo Lokomotif Jatinegara, pada saat akan menaiki anak tangga terdengar komentar sebagai kritik pedas bagi PT KAI. Dengan nada menyindir salah satu ibu-ibu itu seberkata "Duh parah nih jembatannya gak pernah di benerin sama PJKA". Tak puas dengan fasilitas bagi pejalan kaki, wanita kedua yang satunya lagi kira-kira sudah berusia (50) mengomentari kawannya "Iya nih dari dulu jembatan ini gak pernah di benerin, dari dulu begini-begini terus lho".


Larangan Dinas Perhubungan tentang area rel kereta api diantaranya adalah Dilarang! Membangun gedung, tembok, pagar, tanggul & bangunan lainnya (liar) pada jalur KA yang dapat mengganggu pandangan bebas & membahayakan keselamatan KA. Sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2007 yang mengatur tentang Perkeretaapian pasal 192.

Tumpukan sampah di pinggir rel kereta api | Click photo to enlarge
Mendengar celoteh wanita yang melintasi rel kereta api dengan tangga penyeberangan, mungkin wanita tersebut tidak mengetahui kalau Perkeretaapian Indonesia telah berubah, baik secara nama maupun management nya. Berubah nama dari PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) menjadi PT KAI lengkapnya adalah PT. Kereta Api Indonesia (Persero), akan tetapi untuk beberapa fasilitas umum milik PT KAI masih berupa fasilitas lama yang sudah tua ringkih dan keropos seperti Jembatan tangga penyeberangan rel kereta api Dipo Lokomotif Jatinegara yang dari tahun ketahun hingga sekarang tahun 2013 kondisinya masih bisa dilihat dan sangat memperihatinkan.

Salah satu akses bagi pejalan kaki menyeberang rel kereta api di area Dipo Lokomotif Jatinegara

Pejalan kaki yang melintasi rel kereta api tanpa tangga penyeberangan
Mengingat pentingnya dengan adanya fasilitas jembatan tangga peyeberangan rel kereta api tentu lebih membuat rasa aman pejalan kaki dibanding harus melintasi rel kereta api tanpa melewati jembatan tangga penyeberangan. Tetapi dari dulu kondisinya masih tetap tidak berubah, seperti tidak terdapatnya jembatan penyeberangan rel kereta api di wilayah perkampungan penduduk. Hingga harus membuat kewaspadaan bagi pejalan kaki yang melintasi rel kereta api.


Name : Tangga Penyeberangan Pedestrian Dipo Lokomotif Jatinegara
Category : Berita Foto, Jembatan, Dipo Lokomotif, Stasiun Kereta Api
Location : Jl. Pisangan Baru III, Jatinegara, Jakarta Timur
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

View Dipo Lokomotif Jatinegara in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share this article :

+ comments + 5 comments

yang di depan gerbatama UI juga udah mulai jelek tuh :(

weekend myfriend visite my site

Mudah-mudahan tangga penyebrangan yang sudah rusak dapat segera direnovasi demi keselamatan penggunanya...

@Frans Enriko SiregarWah ternyata sama aja ya gan, gak dimana-mana jembatan nya udah pada jelek semua ya

@Anthonie EkaSetuju dengan mas Anthonie, segera dibenahi demi keselamatan dan kenyamanan

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Foto Lokasi - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger