Home » , » Passer Baroe

Passer Baroe

Written By Fotonia Lokasia on 7/17/13 | 14:37

www.fotolokasi.com - Passer Baroe atau yang dikenal juga dengan Pasar Baru merupakan salah satu pusat perdagangan tertua di Sawah Besar, Jakarta Pusat. Lokasi pasar baru yang sudah ada sejak tahun tahun 1820 menjadi daya tarik berwisata belanja. Dari masa ke masa Passer Baroe yang semakin modern ini tak pernah sepi dikunjungi pembeli yang mencari atau sekedar melihat-lihat barang-barang unik dan barang-barang import. Ciri khas pasar ini adalah dengan bangunan Gerbang/Gapura di ujung Jalan Pasar Baru. Walaupun bangunannya telah mengalami renovasi tidak seperti Gapura Paser Baroe tempo doeloe akan tetapi gapuranya tetap dengan arsitektur Cina.

Passer Baroe (Pasar Baru) | Click photo to enlarge
Produk-produk Pedagang dan toko di Passer Baroe Jakarta juga sangat beragam dan produk yang digunakan oleh semua kalangan pria, wanita, anak-anak maupun dewasa. Tak hanya barang baru yang di jual di pasar ini, di pasar ini juga menjual barang bekas, terutama produk pakaian import bekas. Beragam produk yang terdapat di Passer Baroe seperti pakaian, sepatu, tas, topi, ikat pinggang, barang pecah belah, barang elektronik, barang barang hobi, peralatan rumah tangga, mainan anak dan beragam produk lainnya.

Pedagang Mainan Anak Passer Baroe | Click photo to enlarge
Bagi pecinta seni dan kerajinan tangan, lokasi Passer Baroe juga merupakan tujuan yang tidak bisa dilupakan. Berbagai macam peralatan melukis dan peralatan fotografi juga bisa dicari di lokasi ini. Seperti frame & album foto, bingkai lukisan, bingkai foto, tripod kamera, lighting foto dan video, tas kamera, assesoris fotografi sampai dengan kamera manual dan digital yang canggih dijual di Passer Baroe.

Belanja di Passer Baroe | Click photo to enlarge
Sebuah pasar yang juga dapat menjadi tempat bertemunya pedagang dan orang-orang yang mempunyai hobi rias, kecantikan dan life style. Passer Baroe diibaratkan seperti sebuah pasar model. Banyak produk-produk kosmetik dan kecantikan di jual disini. Tak hanya produk kosmetik yang dijual, salah satu lokasi Pasar Baru juga telah menjadi sentra jual beli peralatan salon dan kecantikan.




Berjalan dari selatan menuju utara menelusuri Jl. Pasar Baru masuk dari Jalan Dokter Soetomo (Dr. Sutomo) dan Jl. Antara, hingga keluar di Jl. H. Samanhudi. Deretan toko-toko Di kiri kanan jalan Pasar Baru masih terdapat bangunan lama dengan gaya arsitektur Cina dan Eropa. Melengkapi asiknya belanja di Passer Baroe, di emperan pasar ini para pedagang kuliner jajanan kecil juga menjajakan makanan nya di sepanjang jalan ini seperti pedagang Batagor Siomay Bandung, Bakso, Lontong Pecel, Gorengan dan sebagainya serta pedagang aneka minuman segar.

Batagor Siomay Bandung | Click photo to enlarge

Gapura Passer Baroe | Click photo to enlarge

Terdapatnya Jembatan Niaga seperti di Pasar Mangga Dua Jakarta, di Passer Baroe terdapat dua Jembatan Niaga yang melintas diatas Jalan Haji Samanhudi yang berfungsi sebagai jembatan penyeberangan dan berdagang. Tentu ini untuk memudahkan pengunjung berjalan kaki dari Passer Baroe menuju Krekot yang kebetulan lokasi pasar ini berseberangan.

  Jembatan Niaga Passer Baroe | Click photo to enlarge


Berkunjung ke Passer Baroe di tahun 2013 kondisinya masih semrawut terutama tidak tersedia area parkir kendaraan, kondisinya 3 tahun sampai 5 tahun sebelumnya juga masih tetap sama, dimana fungsi jalan yang seharusnya digunakan untuk pejalan kaki dan pinggir jalan untuk pedagang menjadi satu dengan jalan dan parkir kendaraan motor dan mobil. Kondisi ini makin di perparah dengan kondisi jalan H. Saman Hudi tepat mendekati kawasan Passer Baroe sangat macet. Disarankan bagi yang hendak pergi ke pasar ini bila merasa tidak nyaman parkir kendaraan sembarangan lebih baik menggunakan angkutan kota (angkot) ataupun taxi.

Kondisi Parkir Motor Passer Baroe | Click photo to enlarge
Namun ditengah kesemerawutan Passer Baroe, tepat di tengah-tengah sepanjang Jl. Pasar Baru terdapat sebuah kolam kecil dengan bentuk susunan bebatuan. Taman ini dikenal dengan nama "Taman Populer". Taman ini terlihat sangat mencolok dan mudah ditemukan bagi orang yang tersesat di Passer Baroe. Konon saking populernya taman ini sering dijadikan patokan bertanya bagi pejalan kaki yang tersesat di Passer Baroe.

Taman Populer | Click photo to enlarge


Name : Passer Baroe
Category : Pasar Lokal
Location : Jl. Pasar Baru, Jakarta
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

Post by: Foto Lokasi
Written by: Foto Lokasi
Foto Lokasi, Updated at: 14:37
Share this article :

+ comments + 8 comments

Keren kalau di Bengkulu ada Pasar Minggu Panorama :D

19/7/13

dear Friend, true happiness
in life,
the small
quiet moments,
is a
"Moments collectibles"
and enjoy it, I wish you a great, Friday, Dieter

@maryam ishmatullahMakasih infonya ya mbak Maryam, nanti kalau ke Bengkulu bisa main ke Pasar Minggu Panorama nya.

@DieterThanks Dieter my friend.. Keep support!

20/7/13

wah, saya gak tau, belum pernah ke sana.. ^_^
#salam hangat dari surabaya

Bagus ...ceritakan lagi yang lain

20/7/13

dear Friend, I wish you
the sun is in your hearts
and your, Saturday
full of joy, I wish you a great weekend, Dieter

Hello! Have a great week, sun and fun and only happy days. All the best from Grevena Greece. http://fotisbazakas.blogspot.gr

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Foto Lokasi - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger