www.fotolokasi.com - Indonesia yang pernah diduduki pemerintahan kolonial Belanda banyak menyisakan peninggalan bangunan-bangunan tua yang memiliki nilai sejarah yang dikenal dengan Benda Cagar Budaya dan Bangunan Cagar Budaya. Keberadaan bangunan-bangunan tersebut tersebar di setiap daerah, khususnya di Jakarta bangunan cagar budaya milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) juga terdapat di area Dipo Lokomotif Jatinegara.

Memasuki pintu gerbang Dipo JNG terdapat sebuah bangunan tua Arsitektur Belanda, bangunan ini adalah bangunan PLAA JNG (Pusat Listrik Aliran Atas Jatinegara). Tepat di depan bangunan PLAA JNG ini juga terdapat satu bangunan tua lagi dengan model bangunan Belanda yang telah mengadaptasi atap berbentuk joglo (Arsitektur Jawa).
Bangunan Cagar Budaya Dipo Lokomotif Jatinegara | Click photo to enlarge

Dipo Lokomotif Jatinegara | Click photo to enlarge

Kedua bangunan ini adalah termasuk bangunan Cagar Budaya milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) PT. KAI. Bangunan Cagar Budaya yang dilestarikan bangunan nya serta tidak diperkenankannya membongkar, merusak dan mengganti keaslian kedua bangunan ini. Keberadaan bangunan yang sejak Pemerintahan Kolonial Belanda ini membuktikan bahwa pembangunan fasilitas transportasi kereta api pada saat itu sudah dilakukan.


Benda dan Bangunan Cagar Budaya Dipo Lokomotif Jatinegara | Click photo to enlarge

Area dipo lokomotif merupakan area yang berbahaya bagi terutama bagi pengunjung umum, jadi bagi pengunjung yang membawa anak kecil untuk Memperkenalkan Kereta Api Pada Anak, disarankan untuk tidak mendekati area teknisi. Mengingat aktivitas bengkel yang dilakukan nya sangat berat dan menuntut teknisi hati-hati dalam melakukan pekerjaan perawatan kereta api demi keselamatan kerja. Untuk sekedar melihat-lihat kegiatan di dalam bengkel kereta yang tidak diperkenankan sembarangan memasuki bengkel ini hanya bisa dilihat dari luarnya saja. Terlihat teknisi pegawai PT. KAI sedang melakukan pemindahan rangkaian besi baja dengan peralatan berat.
Kegiatan di Dipo Lokomotif Jatinegara | Click photo to enlarge

Awas Area Berbahaya Bukan Jalan Umum | Click photo to enlarge


Name : Dipo Lokomotif Jatinegara
Category : Transportasi, Bangunan Cagar Budaya, Dipo Lokomotif
Location : Jl. Pisangan Baru III, Jatinegara, Jakarta Timur
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

View Dipo Lokomotif Jatinegara in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours