www.fotolokasi.com - Bogor, adalah salah satu Kota Kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak keindahan alam. Dijuluki juga sebagai Kota Hujan mengingat curah hujan di Kota ini sangatlah sering, keuntungannya adalah wilayah Bogor selalu diliputi udara yang sejuk dan suhu yang dingin seakan menambah suasana asri dari Kota yang terkenal dengan Botanical Garden (Kebun Raya Bogor).
Desa Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor
Dari sekian wilayah Kecamatan di Bogor yang terdekat dengan Jakarta salah satunya adalah Kecamatan Rumpin. Menuju Kecamatan dan Desa Rumpin bila dari Jakarta bisa melalui Jalan Raya Parung kemudian melalui Jalan Pasar Ciseeng. Saat memasuki wilayah Rumpin akan terlihat di kanan jalan banyak usaha penjualan pasir dan batu krikil yang biasa digunakan untuk material bahan bangunan. Melihat banyaknya produsen pasir dan kerikil tentu muncul di benak kita bahwa kecamatan ini merupakan salah satu sentra distribusi pasir material.

Perjalanan pun masih berlanjut menuju Desa Rumpin, setelah puluhan UD Usaha Dagang material pasir di Kecamatan Rumpin kemudian akan melalui jembatan yang cukup panjang, yakni jembatan dari Sungai Cisadane. Perjalananpun masih belum berhenti, suasana keindahan bukit sudah terlihat terutama di sisi kiri jalan akan terlihat bukit yang menyerupai bentuk kerucut. Ini menandakan perjalanan sedang melewati wilayah Gunung Munara, di Gunung Munara ini juga terdapat objek wisata yakni Situs Keramat Gunung Munara, Gadogan Kuda Sultan Maulana Hasanudin Banten bin Syekh Syarief Hidayatulloh Sunan Gunung Jati. "Gadogan" adalah Bahasa Sunda yang berarti "Menambatkan", "Gadogan Kuda" yakni artinya sama dengan Menambatkan Kuda atau yang berarti juga Mengikat Kuda.

Setelah melewati lokasi Gunung Gadogan Kuda, beberapa menit kemudian akhirnya sampai di Desa Rumpin Kecamatan Rumpin Bogor. Suasana pedesaan terasa betul saat menginjakan kaki pertamakali. Suasana yang rimbun pepohonan bambu, jalan desa yang masih berbatu, ditambah budaya sosial masyarakat setempat yang ramah seakan mengobati rasa lelah 3 jam perjalanan dari Jakarta Pusat. Sambil menelusuri rumah-rumah warga ada sebuah jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu. Jembatan yang melintang di atas sungai di tengah perumahan warga terlihat air yang bening hingga terlihat ke dasar sungai, karena saat perjalanan ini sedang dalam musim kemarau maka kondisi sungai dalam keadaan kering hingga terlihat batu-batu besar yang muncul diatas permukaan sungai. Terlihat juga beberapa warga yang sedang mengambil air, mencuci dan anak-anak yang asik berenang sambil bermain.
Wilayah Gunung Munara
Jembatan Bambu Desa Rumpin
Sungai Desa Rumpin
Pengendara yang Melintas di Jembatan Kayu

Nama/Lokasi : Desa Rumpin
Kategori : Desa
Lokasi Alamat : Desa Rumpin, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor,
Jawa Barat, Indonesia
Tahun : 2015
Photo by : -
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.