www.fotolokasi.com - Kesimpulan dari keberadaan Masjid dan Keraton adalah sangat berperan dalam kejayaan Islam. Di setiap lokasi Keraton selalu terdapat dan berdekatan dengan masjid. Seperti Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Keraton Surakarta Hadiningrat, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kesultanan Banten, Kesultanan Deli (Istana Maimoon) dan Keraton serta Kesultanan lainnya. Dengan demikian, keraton dan kesultanan menjadi satu kesatuan dengan masjid sebagai pusat pemerintahan yang bersifat Islami dan keduanya memiliki nilai sejarah yang sangat bernilai di bumi NKRI.

Masjid Raudlatul Muttaqien Palimanan

Salahsatu kebanggaan bangsa Indonesia adalah sebagai bangsa yang majemuk terdiri dari ribuan pulau, berbagai suku, ras, bahasa, agama dan kepercayaan. Kemajemukan dan keanekaragaman menyatu dalam persatuan Kebhinekaan bangsa yang bernegara kesatuan Republik Indonesia. Kekayaan alam dan budaya menjadi daftar tugas yang tetap terlestarikan dan terjaga serta menjadi identitas bangsa yang sangat berharga di mata dunia.

Masjid Jami Matraman

Masjid bersejarah diantaranya dibangun pada abad 13 - 18. Masjid-masjid tersebut diantaranya dibangun oleh para Ulama, Wali Songo, Kerajaan Islam dan tokoh-tokoh Islam di Nusantara. Seperti Masjid Raya Medan (Sumatera Utara), Masjid Agung Yogyakarta DIY, Masjid Sultan Badaruddin (Palembang), Masjid Sunan Ampel (Jawa Timur) dsb.

Masjid Saadatuddarain

Masjid Monumental diantaranya dibangun setelah kemerdekaan antara seperti Masjid Istiqlal (Jakarta), Masjid Agung Al Azhar (Jakarta), Masjid At-Tin (Jakarta) Masjid Syuhada (Yoyakarta), Masjid Al Fatah (Surabaya), Masjid Dian Al Mahri (Depok) dll.

Rehab Sarana dan Prasarana Masjid

Sedangkan Keraton / Kesultanan Nusantara diantaranya Keraton Keprabon, Keraton Kecirebonan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman (Cirebon), Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Pakualam (Yogyakarta), Keraton Surakarta Hadiningrat, Keraton Mangkunegara (Solo), Keraton Sumenep (Madura), Istana Kadariah (Kalimantan Barat), Istana Maimoon / Sultan Deli (Medan), Istana Sultan Siak (Riau), Istana Penyengat (Kepulauan Riau), Istana Pagaruyung (Batusangkar), Istana Samudera Pasai (Aceh), Istana Sultan Ternate (Maluku), Istana Sultan Bima (Nusa Tenggara Barat).

Masjid Jami Al Hidayah Cikopo

Dari sekian banyak daftar masjid bersejarah di Indonesia masih ada daftar masjid-masjid bersejarah yang belum terdaftar, semuanya tersebar di beberapa kepulauan di Indonesia.

Artikel selanjutnya: Daftar Masjid Bersejarah di Indonesia


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours