Home » , » Masjid Raudlatul Muttaqien Palimanan

Masjid Raudlatul Muttaqien Palimanan

Written By Fotonia Lokasia on 2/4/13 | 15:05

www.fotolokasi.com - Masjid Raudlatul Muttaqien atau yang lebih dikenal disebut Masjid Jami Palimanan berlokasi di alun-alun Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon. Merupakan salah satu masjid tertua di wilayah Cirebon yang usianya lebih dari 1 abad. Terbukti dari dua prasasti yang terdapat di halaman masjid Raudlatul Muttaqien yang menerangkan bahwa Masjid Jami Palimanan dibangun pada tahun 1901 dan dipugar yang ketiga kalinya atas prakarsa H. Achmadi, beliau merupakan sesepuh Palimanan pada tahun 1978. Yang di resmikan pada 1 Juni 1986 oleh Memed Tohir yang saat itu menjabat sebagai Bupati Kepala Daerah Tingkat II Cirebon.

Masjid Besar Palimanan ini memang tidak begitu terlihat dari pinggir jalan raya, ini membuat suasana masjid sangat tenang jauh dari kebisingan kendaraan. karena letak nya yang masuk kedalam jalan kecil. Yaitu sekitar 50 meter dari jalan raya utama Palimanan Cirebon dan sekitar 200 meter ke arah Timur dari pertigaan Palimanan (Pos Polisi Palimanan).

Masjid Raudhotul Muttaqin Palimanan ini sering menjadi tujuan singgah bagi musafir atau pemudik yang melewati jalur Palimanan Jalan Kyai Haji Agus Salim, Jalan Raya Klangenan, Jalan Indramayu - Cirebon. Bagi pengguna jalan yang mengetahui keberadaan masjid ini memang seperti lokasi alun-alun di wilayah jawa, yang pada umum nya biasanya di lokasi alun-alun pasti terdapat Masjid Agung daerah setempat.

Sekilas tentang jalur Pantura Palimanan, dahulu sebelum keberadaan jalan toll Palikanci (Palimanan - Kanci), pertigaan Palimanan terbilang sangat ramai di lewati bus antar kota, karena jalur ini merupakan pertigaan ke arah Timur jalan menuju Kota Cirebon, Brebes, Tegal dan seterusnya. ke arah Barat menuju Majalengka, Sumedang, Bandung dan seterusnya. Kemudian ke arah Utara menuju Indramayu, Subang, Jakarta dan seterusnya.

Namun setelah selesai pembangunan jalan toll resmi di gunakan, kini lokasi jalur Palimanan cenderung sepi. Akan tetapi masih ada bus dan angkutan reguler yang tetap melintasi di jalur ini dan jalur Palimanan tetap menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan pantura yang melewatinya.



Name : Masjid Besar Raudlatul Muttaqien
Category : Masjid
Location : Palimanan - Cirebon
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

View Masjid Agung Palimanan in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Foto Lokasi - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger