www.fotolokasi.com - Setelah perjuangan Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memasuki era baru dalam menata kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama. Sebagai hasil kemerdekaan tersebut, kini telah dirasakan kemajuan di berbagai sektor kehidupan, dalam asas Bhinneka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetap satu jua) bangsa Indonesia mengenal 5 agama (Islam, Katolik, Protestan, Hindu, dan Budha). Lima kemurnian ajaran agama tersebut semuanya sudah ada yang teralkulturasi dengan budaya-budaya bangsa yang sejak dulu sudah ada. Pertambahan jumlah penduduk dari tahun ketahunpun selalu naik dengan cepat hingga tahun ini penduduk Indonesia jumlahnya mencapai lebih dari 250.000.000 jiwa dan Islam sebagai agama mayoritas.

Masjid Istiqlal Photo Gallery 1

Perkembangan agama-agama di Indonesia juga sangat menggembirakan, terlihat dari banyak didirikannya rumah peribadatan-peribadatan dalam hal ini masjid. Khususnya di kota-kota, berdiri masjid-masjid besar yang indah dan megah. Memiliki area yang luas dengan arsitektur yang sangat menawan serta dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana untuk kegiatan pendidikan agama, seperti majelis ta’lim, pengajian, kegiatan belajar mengajar agama, dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu masjid-masjid ini dikenal sebagai Masjid Monumental, yang memiliki nilai dan tonggak sejarah. Masjid tersebut ada yang didirikan atas bantuan pemerintah, swadaya masyarakat dan ada pula pembangunan masjid tersebut dilakukan oleh perorangan.

Masjid Luar Batang

Keberadaan lokasi masjid-masjid di Ibu Kota Indonesia, Masjid Monumental di Jakarta dan sekitarnya antara lain seperti Masjid Istiqlal, Masjid Agung Al-Azhar, Masjid Sunda Kelapa, Masjid At-Tin, Masjid Islamic Centre Jakarta, Masjid Bank Indonesia dan masjid-masjid di daerah lainnya seperti Masjid Dian Al Mahri yang dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas. Keberadaan masjid-masjid monumental ini telah menambah khazanah dan semarak kehidupan beragama di Indonesia. Tidak hanya masjid-masjid yang menjadi pusat perkembangan Islam, di daerah-daerah pusat penyebaran Islam di Nusantara juga tak lepas dari peran Keraton atau Kesultanan.

Artikel selanjutnya: Keraton Pusat Perkembangan Islam


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.