Home » , , » Masjid Luar Batang

Masjid Luar Batang

Written By Fotonia Lokasia on 4/6/13 | 20:07

www.fotolokasi.com - Masjid bersejarah yang juga merupakan cagar budaya di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara adalah Masjid Jami' Keramat Luar Batang. Masjid yang biasa disebut dengan Masjid Luar Batang ini juga sering disingkat oleh orang-orang, terutama orang yang sering berkunjung ke masjid ini dengan singkatan Masjid LB (Luar Batang).

Keberadaan Masjid Luar Batang yang di sisi selatan masjid terdapat makam Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al Aydrus sangat terkenal sampai ke mancanegara. Di ruangan makam yang terpisah dari ruang sholat ini juga terdapat sebuah makam lagi yaitu makam Haji Abdul Kadir murid Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al Aydrus. Banyak peziarah yang berkunjung ke Makam Masjid LB baik yang datang perorangan maupun rombongan. Dimana Ratusan orang setiap harinya berkunjung ke masjid ini tak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Akan tetapi banyak juga yang datang dari luar kota di Indonesia yang khusus untuk datang dan berziarah. Kedatangan musyafir-musyafir yang berziarah ke Masjid Luar Batang juga ada yang sampai berhari-hari, bahkan menginap di sekitar lokasi masjid.

Makam Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al Aydrus

Makam Haji Abdul Kadir, murid Al Habib Husein bin Abubakar bin Abdillah Al Aydrus

Ruangan Makam Masjid Jami' Keramat Luar Batang | Click photo to enlarge

Sarana dan prasarana Masjid Jami' Keramat Luar Batang telah banyak mengalami pemugaran. Untuk memfasilitasi tempat istirahat peziarah, di masjid ini juga terdapat bangunan dua lantai ruang terbuka yang luas dan beratap di sisi utara masjid yang bisa digunakan peziarah untuk tempat istirahat dan menginap. Karena banyaknya pengunjung setiap harinya yang menginap, kemudian masyarakat kauman di sekitar kompleks Masjid Luar Batang beberapa warga nya banyak menjadikan tempat tinggalnya untuk kontrakan atau kost-an murah yang lebih dikhususkan untuk penginapan peziarah.

Tempat istirahat peziarah di sisi utara masjid | Click photo to enlarge 

Informasi pembangunan Masjid Tua di Jakarta (Masjid Luar Batang) sampai saat ini informasi akurat kapan masjid ini dibangun masih belum jelas. Menurut sumber informasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) ada catatan mengenai dari seorang Ronkel, peneliti dari Belanda. Menurut Ronkel masjid ini selesai dibangun pada tanggal 29 April 1739. Pendapat Ronkel yang mengungkapkan hal itu setelah menyaksikan catatan di atas pintu masuk ke masjid pada 1916.



Bangunan Masjid Jami Luar Batang, yang oleh Pemerintah DKI Jakarta bangunan ini dinyatakan sebagai "Benda Cagar Budaya". Berdasarkan peraturan daerah (PERDA) Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 9 Tahun 1999, yang berbunyi Kegiatan berupa memugar, memperbaiki, mengubah bentuk, mengubah warna, mengganti elemen bangunan yang merupakan bagian dari bangunan cagar budaya serta lingkungan pekarangannya harus dengan izin Gubernur Provinsi DKI Jakarta dengan rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Permuseuman Provinsi DKI Jakarta.




Pemugaran dan Peresmian Bangunan Masjid Luar Batang tak lepas dari pemerintah dan gubernur-gubernur yang menjabat saat itu, seperti terlihat di dua prasasti yang terdapat di ruang utama masjid yang digunakan untuk sholat. Yaitu prasasti peletakan batu pertama pemugaran pada 6 September 1991 tertanda Gubernur Wiyogo Atmodarminto dan prasasti kedua yang letaknya bersebelahan yaitu prasasti pemugaran tahap pertama tanggal 5 September 1997 tertanda Gubernur Surjadi Soedirja. Melihat keberadaan kedua prasasti tersebut sudah bisa diperkirakan keberadaan gubernur-gubernur DKI Jakarta setelah dan sesudahnya sampai saat ini ikut dalam partisipasi kegiatan Masjid Jami' Keramat Luar Batang. Seperti Gubernur Sutiyoso, Gubernur Fauzi Bowo dan Gubernur Joko Widodo (Jokowi) sebagai gubernur untuk saat ini.


Prasasti pemugaran masjid yang terdapat di belakang ruang sholat | Click photo to enlarge

Kepengurusan dan Pengelolaan masjid yang dibawah naungan Yayasan Masjid Luar Batang ini terbukti sangat bagus. Seperti Lokasi Masjid Keramat Jakarta Utara Luar Batang yang terletak di tengah-tengah pemukiman warga Penjaringan, menjadikan kompleks lokasi masjid juga digunakan untuk layanan masyarakat. Seperti keberadaan layanan kesehatan, praktek dokter umum dengan pelayanan pemeriksaan pengobatan pasien untuk Anak & Dewasa, khitanan/sunatan, suntik KB, nebulizer (terapi uap), KIR Dokter, serta perawatan kerumah (home care). Untuk melengkapi fasilitas kesehatan yang diperuntukan kepada masyarakat, di halaman samping masjid juga terdapat 2 (dua) unit Mobil Ambulance yang pastinya selalu siap sedia digunakan. Disekitar masjid juga dapat ditemui Badan Pembina Anak Yatim Piatu Keluarahan Penjaringan Jakarta Utara.



Hiruk-pikuk orang-orang, peziarah, pedagang makanan kecil, pedagang pakaian, penjual bunga hingga pengemis di halaman masjid tentunya tak mengurangi kehusyukan niat orang-orang yang memang datang khusus untuk menunaikan sholat, beribadah, mengikuti pengajian dan berdoa di Makam Keramat Masjid Luar Batang. Terlihat banyak juga keakraban di lokasi makam, seperti keinginan peziarah yang meminta bantuan untuk di foto di lokasi makam, hingga obrolan-obrolan kecil diantara peziarah seputar darimana asalnya? sudah berapa kali datang? sudah berapa lama datang dan menginap? tentu saja ini menambah pengalaman baru mengenal orang-orang sesama peziarah. Tak hanya itu saja, keakraban diantara peziarah juga berlangsung di warung-warung makan yang bisa ditemui di samping belakang masjid tepatnya di belakang menara masjid sisi utara. Susah pasti warung makan prasmanan dengan hidangan yang lengkap dan murah tentu saja bisa membuat peziarah betah hingga berhari-hari.



Banyak akses transportasi untuk menuju Lokasi Masjid Keramat Luar Batang, baik menggunakan angkutan umum ataupun angkutan pribadi. Jalan masuk utama ke masjid ini adalah Jalan Luar Batang. Tetapi ada juga beberapa jalan masuk menuju masjid yang menjadi cagar budaya ini, diantaranya ada jalan masuk melalui pabrik-pabrik di sekitar masjid dan ada juga jalan masuk ke masjid melalui perumahan warga. Akan tetapi sangat memperihatinkan kondisi jalan masuk menuju Masjid Luar Batang yang melalui pemukiman warga, tepatnya jalan di depan Sekolah Dasar Negeri SDN Penjaringan 01/02 Penjaringan Jakarta Utara. Yaitu jalan ini tergenang air selokan dari sisi jalan yang meluap hingga menimbulkan bau selokan yang menyengat. Tergenangnya air selokan di jalan ini sudah terjadi sejak dulu meskipun tidak dalam musim hujan genangan air di jalan ini tetap masih ada. Tentu saja hal ini membuat peziarah yang datang melewati jalan ini harus berhati-hati agar pakaian, sandal, sepatu tidak terkena cipratan air selokan yang menggenang.

Genangan air selokan yang terdapat di jalan depan SDN Penjaringan 01/02 | Click photo to enlarge

SDN Penjaringan 01/02 | Click photo to enlarge

Mengenang kebudayaan dan sejarah kota Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara memang sangat memiliki daya tarik bagi orang yang mengunjungi dan berwisata. Mungkin karena lokasinya adalah daerah pesisir dekat dengan laut dimana pada pada zaman dahulu orang-orang Belanda datang ke Jakarta melalui transportasi laut, kemudian menetap dan membentuk pemerintahan persekutuan dagang VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie). Setelah berakhirnya pemerintahan VOC hingga sekarang bekas-bekas peninggalan di kota tua Jakarta Utara masih terlihat yaitu bangunan-bangunan arsitektur belanda yang sangat klasik.

Peta Obyek Wisata Kota Tua Jakarta | Click photo to enlarge

Berikut Peta Lokasi bangunan cagar budaya/bangunan tua/bangunan bersejarah yang terletak di depan Museum Bahari yang menjadi Lokasi Wisata Jakarta Utara yang jaraknya sangat berdekatan diantaranya adalah:
Masjid Luar Batang
Pelabuhan Sunda Kelapa
Pasar Pelelangan Ikan
Pelelangan Ikan
Museum Bahari
Kompleks Menara Syahbandar
Kompleks Gudang Panggung
Cafe Galangan VOC
Restoran Raja Kuring
Jembatan Kota Intan
Gudang Tua
Hotel Batavia
Gedung Samudera Indonesia
Gedung Toshiba
Deretan Bangunan Tua
Toko Merah
Gedung Kuning
Gedung Ex-Chartered Bank
Gedung Tua
Bangunan Gaya Cina
Sentra Tekstil Pintu Kecil
Sentra Dagangan Mainan Anak
Sentra Wisata Kuliner
Komunitas Pelukis Jalanan
Pusat Obat Tradisional Cina
Glodok Plaza
Gudang VOC Sisi Timur
Kompleks Gedung Tua
Gedung Tua Kali Besar Timur
Sentra Pembuatan Tenda
Cafe Gazebo
Hotel K7
Gedung Tua Kunir 2
Pasar Kota Tua
Gedung Cipta Niaga
Cafe Batavia
Gedung Dasaad Musin
Gedung Jasindo
Kantor Pos
Museum Seni Rupa & Keramik
Museum Sejarah Jakarta
Bank Mega
Restoran Mega Rasa
Taman Fatahillah
Museum Wayang
Deretan Bangunan Tua
Gedung Arsip Mandiri
Balai Konservasi
Bank Mandiri
Gedung Tua JL. Lada
Museum Bank Indonesia
Museum Bank Mandiri
Halte Busway Jakarta Kota
Stasiun KA Jakarta Kota (BEOS)
Bank BNI 46
Deretan Bangunan Gaya Cina
Rumah Perabuan Siam Djiam Kiong
Deretan Bangunan Tua
Sentra Perdagangan Material Bangunan


Name : Masjid Jami' Keramat Luar Batang
Category : Masjid, Wisata Keramat
Location : JL. Luar Batang V NO. 1
Penjaringan Jakarta Utara
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

Post by: Foto Lokasi
Share this article :

+ comments + 1 comments

Kenapa saya belum pernah kesana ya? kan sering melewati. Dengan info ini ada rasa ingin kesana.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Foto Lokasi - All Rights Reserved
Template by Creating Website Published by Mas Template
Powered by Blogger