www.fotolokasi.com - Lokasi Alun-alun Palimanan terletak di dekat Masjid Raudlatul Muttaqien atau yang lebih dikenal disebut Masjid Jami Palimanan, Tepatnya di jalur pertigaan Palimanan Jalan Kyai Haji Agus Salim, Jalan Raya Klangenan, Jalan Indramayu - Cirebon.

Di alun-alun ini juga terdapat Bangunan Tugu atau Bangunan Monumen dengan cat hijau muda setinggi kurang lebih 5 Meter di sisi lapangan dekat dengan jalan raya. Terlihat di tugu ini dibangun untuk memperingati hari Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Prasasti tugu yang di tulis oleh panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI dengan ejaan lama yang berbunyi "Panitija Peringatan Ulang Tahun 17 Agustus 1945 - 17 Agustus 1958" ini menandakan bahwa tugu ini dibangun tahun 1958.

Prasasti Tugu Peringatan HUT RI ke 58 Palimanan | Click photo to enlarge

Alun Alun Palimanan | Click photo to enlarge

Seperti yang diketahui alun-alun pada fungsinya adalah sebagai pusat keramaian bagi masyarakat. Banyak kegiatan yang di laksanakan di alun-alun, misalnya di alun-alun Palimanan ini diadakan Pasar Malam. Pasar malam alun alun sering diadakan, terutama saat perayaan hari besar. Seperti hari ulang tahun kemerdekaan, tahun baru hijriyah dan hari lebaran Idul Fitri atau yang biasa di sebut dengan syawalan.



Terdapatnya lapangan luas di taman alun-alun yang menjadi pusat keramaian pada daerah setempat hampir setiap hari alun-alun menjadi tempat yang nyaman untuk bermain bagi anak-anak. Bermain bola, bermain basket, belajar bersepeda, pedagang-pedagang dan orang-orang yang duduk-duduk di sore hari.
Jalan Raya Palimanan ke arah Majalengka - Sumedang - Bandung (belok kanan Jakarta)
| Click photo to enlarge |

Jalan Raya Palimanan ke arah Kota Cirebon - Tegal - Pekalongan | Click photo to enlarge



Name : Alun Alun Palimanan
Category : Taman dan Prasasti, Lapangan Olah Raga
Location : Jalan Raya Klangenan Palimanan - Cirebon
Date Taken : 2013
Photo Contributor : -
Site : -
Location Map :

View Alun Alun Palimanan in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours