www.fotolokasi.com - Lokasi Jakarta Gems Center Rawa Bening yang menjadi Pusat Batu Perhiasan terletak di Jatinegara, Jakarta Timur berada di depan Stasiun Jatinegara. Lokasi JGC Mall ini sebelumnya adalah pusat belanja pakaian Ramayana Department Store Jatinegara. Sedangkan para pedagang batu aji Rawa Bening berdagang diatas sebagian lahan parkir Ramayana Dept Store. Di tahun 1980an perdagangan batu cincin di lokasi Rawa Bening hanya berjumlah sekitar 20 pedagang. Namun lambat laun lokasi tersebut menjadi pusat penjualan batu aji di Jakarta dan selalu dikunjungi banyak orang dari luar kota. Hingga pada tahun 1990an keberadaan perdagangan batu mulia di Rawa Bening semakin berkembang.
Batu Perhiasan Raksasa

Mall JGC

Gedung Jatinegara Gems Center

Sebelum pembangunan JGC (Jatinegara Gems Center) lebih dikenal dengan sebutan Pasar Rawa Bening, dimana setelah perkembangannya ratusan perajin batu permata, pedagang yang Jual Batu Cincin, Seniman Poles Batu Cincin dan pedagang barang-barang antik menempati lantai dasar yang panas dan kumuh. Di lantai atasnya di fungsikan menjadi departemen store yang sudah berganti-ganti namun tidak bertahan lama. Pada tahun-tahun selama masa pembangunan JGC berlangsung, para pedagang Pasar Rawa Bening pindah ke Jatinegara Plaza yang lokasinya terletak di depan Pasar Jatinegara Maester. Kemudian setelah pembangunan JGC selesai para pedagang pun kembali menempati lokasi usaha baru Mall JGC dan kondisi Mall JP (Jatinegara Plaza) yang juga menjadi Pusat Grosir Jatinegara (PGJ) mengalami penurunan jumlah pengunjung. Hingga kondisi Jatinegara Plaza tutup, namun fasilitas lahan parkirnya masih berfungsi dan digunakan sampai sekarang. Lahan parkir Mobil dan Motor yang terdapat di PGJ biasanya digunakan oleh pengunjung Pasar Regional Jatinegara Maester yang sekarang ini dikenal dengan nama Jatinegara Trade Center.
Pusat Batu Perhiasan

Lokasi Jatinegara Gems Center

Mushola Jatinegara Gems Center

Tahun 2010 menjadi awal keberadaan Jatinegara Gems Center Rawa Bening mendapat sorotan dari pecinta batu alam/batu permata. Bermacam-macam batu permata yang ada di seluruh daerah di Nusantara berpusat di JGC Rawa Bening, termasuk daerah Jawa Barat yakni di Garut yang terkenal dengan nama Batu Garut. Hingga dari Maluku Utara, Halmahera, Kepulauan Bacan. Yang kemudian nama  kepulauan tersebut menjadi inspirasi untuk nama jenis Batu Bacan.
Ada yang Jual Keris

Pecinta Batu Perhiasan

Perajin Ikat Batu

Ruang Poles Batu Perhiasan

Nama/Lokasi : Jakarta Gems Center Rawa Bening
Kategori : Perbelanjaan, Mall
Lokasi Alamat : Jl. Bekasi Barat, Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur
Foto : 2013
Kontributor : -
Website : -
Peta Lokasi :

Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.