www.fotolokasi.com - Stasiun Manggarai, merupakan stasiun yang paling padat aktivitas penumpang Commuter line. Bayangkan pada jam dimana orang-orang mulai berangkat aktivitas pagi dan sore, hampir setiap 3 menit kereta selalu berangkat dan datang di stasiun ini. Biasanya aktivitas yang paling ramai terjadi pada pagi hari antara pukul 06.00 - 10.00 dan pada sore hari antara pukul 16.00 - 20.00. Suasana hiruk-pikuk ini makin terasa ketika hampir 1 menit sekali terdengar dari pengeras suara pengumuman operator petugas informasi lalu lintas kereta.

Stasiun Manggarai

Semua stasiun di Indonesia terutama yang dibangun pada masa Hindia Belanda telah menjadi Benda Cagar Budaya yang harus dijaga keutuhannya, maka tak heran jika kita melihat hampir di semua stasiun di Indonesia bergaya arsitektur Negeri Bunga Tulip. Begitupun dengan Stasiun Manggarai ini yang juga menjadi Bangunan Cagar Budaya. Jika dilihat dari luar stasiun yang terletak di Kelurahan Manggarai ini termasuk stasiun kereta yang kecil, namun stasiun ini memiliki banyak jalur peron, bahkan di sisi selatan dari stasiun terdapat bengkel kereta yang menjadi tempat perawatan dan penyimpanan kereta atau yang dikenal dengan nama Balai Yasa Manggarai. Oleh karena itu Stasiun Manggarai menjadi stasiun terbesar di Jakarta, dalam artian stasiun yang memiliki banyak rel dan hampir memiliki jalur sebanyak Stasiun Kota Jakarta. Tak hanya itu saja jalur kereta Manggarai juga mengarah ke Stasiun Jatinegara dan disana terdapat Dipo Lokomotif Jatinegara.

Stasiun Kereta Manggarai

Baca artikel: Dipo Lokomotif Jatinegara

Walaupun memiliki banyak lintasan kereta, stasiun yang letaknya di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan ini tidak melayani pemberhentian kereta tujuan jauh, kecuali jika terjadi persilangan dengan kereta lain. Stasiun Manggarai hanya melayani rute Comuter dalam kota Jakarta dan rute Bogor - Depok - Tangerang - Bekasi (Jabodetabek) dan stasiun ini juga menjadi stasiun transit untuk beberapa rute tujuan dalam kota. Karena sistem rute kereta tujuan jauh sudah dikhususkan stasiun pemberangkatannya, misalnya untuk rute kereta tarif murah tujuan jauh berangkat dari Stasiun Pasar Senen, sedangkan kereta tarif mahal tujuan jauh berangkat dari Stasiun Gambir.

Commuter Line Jakarta Bogor

Baca artikel: 100 Tahun Jembatan Kereta Bukit Duri April 1917 - April 2017

Pembangunan transportasi kereta terus dilaksanakan, tak hanya pembangungan rel ganda, pembangunan infrastruktrur bagi kenyamanan dan keamanan penumpang juga dibuat. Stasiun yang dekat dengan Pintu Air Manggarai ini pada 13 Oktober 2014 mulai dibangun Underpass bagi penumpang menuju peron. Walaupun pembangunan terowongan dibawah rel kereta ini dirasa terlambat dalam memenuhi kebutuhan penumpang, mengingat ramainya mobilisasi pengguna transportasi rel, namun pembangunan terowongan ini sudah selesai dibangun dan sudah bisa digunakan pada November 2016. Terowongan yang membentang dibawah lintasan kereta ini memiliki panjang 60 meter dan lebar 7 meter. Dengan begitu ukuran terowongan ini masih lebih besar dari terowongan yang serupa di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.

Peron Stasiun Manggarai

Baca artikel: Stasiun Pasar Senen

Mudah-mudahan pembangunan terowongan penyeberangan di semua stasiun terus bisa dibuat, khususnya di stasiun yang memiliki tingkat kesibukan yang padat. Tahapan pembangunan dan perawatan transportasi kereta di Indonesia memang terus berkesinambungan. Seperti sudah dibangun rel ganda Jakarta - Surabaya dan Jakarta Bojonegoro tentu menjadi prestasi yang membanggakan bagi transportasi di Nusantara. Mengingat sejarah telah mencatat sudah lebih dari 150 tahun jalur kereta sudah membentang di Bumi Indonesia. Banyak sejarah tentang stasiun-stasiun yang ada di Tanah Air Indonesia, seperti di Ambarawa, Malang, Rangkasbitung, Bekasi serta di stasiun-stasiun di kota lain, bahkan di Stasiun Manggarai juga memiliki sejarah dimasa perjuangan kemerdekaan. Yaitu kisah Kereta Luar Biasa (KLB) yang di tumpangi Presiden Soekarno beserta keluarga dan rombongan pejabat lolos dari penjagaan ketat di Stasiun Manggarai menuju Yogyakarta, kemudian setelah itu Ibu Kota Indonesia berpindah ke Kota Gudeg dan predikat kota Jogja menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca artikel: Stasiun Manggarai Tempo Doeloe

Penumpang Stasiun Manggarai

Peron Manggarai

Stasiun Manggarai 2012
Ojek dan Bajai Stasiun Manggarai


Nama/Lokasi : Stasiun Manggarai
Kategori : Transportasi, Stasiun
Lokasi Alamat : Jl. Manggarai Utara 1, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan
Tahun : 2012
Photo by : -
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

2 comments so far,Add yours