www.fotolokasi.com - Monumen ini menggambarkan perjuangan rakyat dan tentara dalam mempertahankan kemerdekaan. Dahulu kala wilayah Senen dan sekitarnya adalah daerah yang pernah menjadi lokasi pertempuran para pejuang-pejuang Indonesia saat terjadi serangan fisik di Kota Jakarta setelah mendaratnya kapal perang pasukan sekutu tiba di Teluk Jakarta pada tanggal 29 September 1945.

Gelanggang Planet Remaja Senen (GPRS)

Jelas sekali terlihat Monumen Perjuangan Senen menggambarkan perjuangan massa revolusi fisik semua golongan masyarakat, yaitu rakyat, pemuda, pemudi, dan anak-anak. Para pemudi berjuang di garis belakang, membantu kebutuhan logistik dapur umum dan pertologan palang merah. Seniman Pematung Monumen Senen terdiri dari tiga orang yaitu Sadiman, Suhartono dan Haryang Iskandar, dibantu oleh pelukis Suyono Palal.

Patung Monumen Perjuangan Senen ini dibuat dengan beton cor bubut batu semen yang didatangkan dari Kabupaten Sleman, Jawa Tengah serta dibuat gaya realistis dengan skala patung sosok orang dewasa setinggi 2 meter dan sosok anak-anak setinggi 1 meter. Pada saat pembuatan patung ini dilakukan di Sanggar Pucuk Citra hingga diresmikan pembangunannya pada tanggal 2 Mei 1982 oleh Walikota Jakarta Pusat A. Munir.

Sumber Sejarah Monumen Perjuangan Senen:
Ensiklopedia Pemprov DKI Jakarta


Baca artikel: Banyak Yang Kencing Sembarangan di Patung Perjuangan Senen

Nama/Lokasi : Monumen Perjuangan Senen
Kategori : Monumen, Taman dan Prasasti, Taman
Lokasi Alamat : Jl. Letjen R suprapto, Senen, Jakarta Pusat
Tahun : 2014
Photo by : -
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia

Patung Perjuangan Senen

Perjuangan Rakyat Senen

Taman Monumen Senen

Taman Perjuangan Senen

Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

1 comments so far,Add yours