www.fotolokasi.com - Monumen Perjuangan Senen berada di Komplek Gelanggang Planet Remaja Senen (GPRS) Jakarta Pusat. Monumen ini dibangun untuk mengenang berbagai peristiwa perjuangan yang pernah terjadi di daerah Senen dan sekitarnya. Seperti kebanyakan patung atau monumen yang terdapat di Jakarta, Patung Monumen Senen ini juga dijadikan taman kota dan pusat aktivitas warga. Dengan adanya area taman yang luas dan indah maka tidak jarang lokasi Monumen Perjuangan Senen dijadikan tempat olahraga dan aktivitas lainnya.

Monumen Perjuangan Senen

Dahulu kala, wilayah Senen dan sekitarnya merupakan wilayah yang terkenal dengan para senimannya. Bukti-bukti perkembangan dunia seni dan kebudayaan di wilayah ini bisa terlihat dengan adanya Gedung Theater Wayang Orang Bharata, Gedung Kesenian Jakarta hingga sarana pendidikan seni Taman Ismail Marzuki. Seperti keberadaan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Gedung Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) yang terletak di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Monumen Senen Arsitektur Amphitheater

Dengan adanya beberapa gedung teater di kawasan Jakarta Pusat, ini mengilhami arsitektur halaman taman Monumen Perjuangan Senen juga dibangun dengan mengadaptasi bangunan seni, yaitu Amphitheater. Ini semakin membuktikan bahwa kawasan Senen sebagai kawasan apresiatif seniman Jakarta serta pembangunan Gelanggang Planet Remaja Senen (GPRS) yang bersebelahan dengan monumen ini memang menjadi tempat aktivitas kepemudaan yang sangat penting dan bermanfaat.

Relief Patung Senen Sisi Kiri

Tepat dihadapan Amphitheater yang berbentuk setengah lingkaran yang terdapat di bagian bawah Monumen Perjuangan Senen, terdapat Relief yang terbuat dari metal. Relief ini menggambarkan perjuangan, aktivitas, pembangunan dan kekayaan bangsa Indonesia. Seperti kekayaan budaya bangsa Indonesia terlihat adanya relief gambar Candi Prambanan, proses demokrasi bangsa Indonesia dengan adanya relief Istana Negara dan Gedung MPR dan DPR serta gambaran masyarakat Indonesia sebagai bangsa Maritim dengan gambaran kapal dan aktivitas nelayan.

Relief Patung Senen Tengah

Gambaran relief ini juga menceritakan kronologi masa perjuangan kemerdekaan, Sumpah Pemuda, invansi penyerangan pasukan penjajah, serta penindasan warga yang menjadi korban. Relief ini terlihat jelas digambarkan dari masa-kemasa, dari kepemimpinan Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Bung Hatta hingga masa pembangunan Orde Baru (ORBA) tentang Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA) dimasa Presiden Soeharto dengan gambaran sawah padi yang melambangkan swasembada pangan atau swasembada beras.

Relief Patung Senen Sisi Kanan

Baca artikel: Sejarah Monumen Perjuangan Senen


Nama/Lokasi : Monumen Perjuangan Senen
Kategori : Monumen, Taman, Taman dan Prasasti
Lokasi Alamat : Jl. Letjen R suprapto, Senen, Jakarta Pusat
Tahun : 2014
Photo by : -
Website : -
Peta Lokasi :


Simbol Perjuangan Rakyat Senen

Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.