www.fotolokasi.com - Lokasi masjid-masjid monumental dan bersejarah banyak tersebar di seluruh Nusantara, seperti yang tercantum dalam artikel Daftar Masjid Bersejarah di Indonesia. Masjid-masjid tersebut tersebar di setiap Kabupaten, Kota dan Provinsi khususnya di Ibukota Indonesia. Termasuk di DKI ada 10 Lokasi Masjid Bersejarah di Jakarta. Banyak artikel di internet yang membahas tentang 10 Masjid Bersejarah di Jakarta, ada liputan Masjid Bersejarah di Indonesia, ada pembahasan tentang Masjid Indah di Indonesia, bahkan juga ulasan tentang Masjid Indah di Dunia.

Pintu Gerbang Masjid Luar Batang

Menurut data yang terkumpul, ada 11 masjid bersejarah di Jakarta, tapi jika dilihat sesuai nomor urut masjid bersejarah di halaman ini, Masjid Al Fudhola yang terletak di Koja, Jakarta Utara juga termasuk masjid bersejarah. Namun keberadaan masjid ini sudah tidak ada lagi, oleh karena itu diharapkan agar nama Masjid Al Fudhola tetap dikenang sepanjang masa dari generasi ke generasi, walaupun hanya tinggal nama dan pernah menjadi masjid yang bersejarah di Negeri ini. Berikut list historical mosque at Jakarta, beserta alamat, peta lokasi berdasarkan sumber Google Earth, Google Map, dan Google Street View.

1. Masjid Istiqlal

Lokasi Masjid Istiqlal berada di pusat Jakarta, keberadaannya yang sangat strategis di Jantung Ibukota dekat dengan aktivitas pemerintahan dan perkantoran membuat akses menuju ke Masjid ini sangatlah mudah. Keindahan arsitektur dan kemegahan bangunan Masjid Istiqlal sangatlah pantas bila masjid ini tetap menjadi masjid kebanggaan bangsa Indonesia yang juga terkenal sampai ke mancanegara dan menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara.


1. Masjid Istiqlal

2. Masjid Jami' Matraman

Lokasi Masjid Jami' Matraman letaknya juga strategis, berada di antara bilangan Jakarta Pusat dan bilangan Jakarta Timur. Bila menuju pusat Jakarta dari arah timur melintasi perempatan Jalan Matraman Raya melewati Jalan Pegangsaan, Menteng, akan terlihat jelas bangunan masjid yang berada disisi Sungai Ciliwung Matraman. Nama masjid "Matraman" ini dulunya adalah "Masjid Mataram", yakni masjid yang dibangun oleh mantan prajurit Sultan Agung Mataram.


2. Masjid Jami' Matraman

3. Masjid Jami' Al Islam

Lokasi Masjid Jami' Al Islam berada di Jalan KS Tubun, Petamburan Jakarta Pusat tepat berada di depan RS PELNI (Rumah Sakit Pelayaran Nasional Indonesia).


3. Masjid Jami' Al Islam

4. Masjid Jami' Al Ma'mur Tanah Abang

Lokasi Masjid Jami' Al Makmur berada di Jalan Kyai Haji Mas Mansyur, berdekatan dengan pusat perbelanjaan garmen dan tekstil terbesar di Asia Tenggara, yaitu Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ditengah kemegahan bangunan pasar yang telah mengalami renovasi ini masih tetap berdiri kokoh masjid bersejarah yang menjadi kebanggaan masyarakat Tanah Abang.


4. Masjid Jami' Al Ma'mur Tanah Abang

5. Masjid Agung Sunda Kelapa

Lokasi Masjid Agung Sunda Kelapa berada di Jalan Taman Sunda Kelapa, yakni area Perumahan Menteng Jakarta Pusat, berdekatan dengan Taman Suropati. "Sunda Kelapa", merupakan nama yang sama dengan "Pelabuhan Sunda Kelapa", yang memang arsitektur bangunan masjid ini menyerupai bentuk perahu, sebagai simbol dari aktivitas saudagar  muslim yang pada saat itu berdagang di Pelabuhan Sunda Kelapa dan menyebarkan ajaran Islam.


5. Masjid Agung Sunda Kelapa

6. Masjid Jami' Al Anwar

Lokasi Masjid Jami' Al Anwar berada di tengah perumahan penduduk Jalan Tubagus Angke, akses jalan masuk menuju masjid ini berupa gang kecil, namun ditengah keberadaan terpencil masjid yang terkenal juga dengan nama Masjid Angke ini merupakan salah satu masjid tua di Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.


6. Masjid Al Anwar

7. Masjid Jami' Al Ma'mur Raden Saleh

Lokasi Masjid Al Ma'mur Raden Saleh berada di samping RSPGI Cikini, Rumah Sakit PGI Cikini dulunya adalah bagian dari rumah Raden Saleh yang yang lokasinya di Cikini yang sekarang ini dikenal dengan nama Jalan Raden Saleh. Setelah kepindahan beliau ke Bogor, Jawa Barat, Beliau telah mewakafkan tanah bagian belakang rumahnya untuk dibangun sebuah masjid yang pada awal pembangunan masjidnya masih sangat sederhana.


7. Masjid Jami' Al Ma'mur Raden Saleh

8. Masjid Agung Al Azhar

Lokasi Masjid Agung Al Azhar di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid ini berada di lingkungan Yayasan Pesantren Al Azhar. Aktivitas pendidikan Al Azhar diantaranya adalah TK Islam Al Azhar, Sekolah Dasar Islam Al Azhar (SDIA), Sekolah Menengah Pertama Al Azhar (SMPIA), Sekolah Menengah Atas Al Azhar (SMAIA) dan perguruan tinggi Universitas Al Azhar.

Link Street View Masjid Agung Al Azhar

8. Masjid Agung Al Azhar

9. Masjid Panglima Besar Sudirman

Lokasi Masjid Panglima Besar Soedirman terletak di Jalan Raya Bogor Kilometer 34, Cijantung, Jakarta Timur. Masjid ini di kelola oleh Yayasan Masjid Panglima Besar Sudirman dan yayasan ini juga menyelenggaraakan pendidikan dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah tinggi.


9. Masjid Panglima Besar Sudirman

10. Masjid Luar Batang

Lokasi Masjid Luar Batang berada di tengah perkampungan warga Penjaringan, Jakarta Utara dan nama Masjid Luar Batang tak lepas dari keunikan dari sejarah masjid ini. Walaupun akses menuju Masjid Keramat Luar Batang ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4, namun jalan masuk utama dari jalan raya ini tergenang air, namun pengunjung juga bisa menuju masjid ini melalui jalan alternatif lain.


10. Jalan utama menuju Masjid Luar Batang


10. Jalan alternatif menuju Masjid Luar Batang

11. Masjid Al Fudhola

Lokasi Masjid Al Fudhola berada di Koja, Jakarta Utara, namun keberadaan masjid ini sudah tidak ada lagi dikarenakan terkena dampak perluasan area Terminal Petikemas Koja (TPK) Tanjung Priok. Sekarang Masjid Al Fudhola sudah tinggalah nama akan tetapi setidaknya masjid ini terus dikenang sebagai masjid yang bersejarah.

11. Perkampungan Lokasi Sekitar Masjid Al Fudhola

11. Keberadaan Lokasi Awal Masjid Al Fudhola


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

3 comments so far,Add yours

  1. AYO JOIN SEKARANG BERSAMA KAMI AGEN BOLAVITA, ADA PROMO BONUS CASHBACK SEBESAR 10% DAN REFERAL 10%.!!!

    join us http://www.bolavita.org

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    whatup : 6281377055002
    BBM: D1A1E6DF (FULL & D8DB1C57 (FULL) & BOLAVITA(NEW)

    ReplyDelete
  2. benar ndak ya gan, kalau zaman sekarang ayam berantam mengunakan adu ayam taji ?? terima kasih :)

    ReplyDelete