www.fotolokasi.com - Sebuah monumen dibangun di lokasi Lapangan Banteng Jakarta yaitu "Monumen Pembebasan Irian Barat". Arsitektur monumen ini sekilas mirip dengan Monumen Selamat Datang, dengan pondasi yang menyangga patung.

Monumen Pembebasan Irian Barat | Click photo to enlarge
Lokasi Lapangan Banteng yamg terletak dekat dengan Gereja Katedral Jakarta juga berfungsi sebagai tempat olah raga dan tempat pameran. Dimana sering diadakan kegiatan pameran atau bazaar serta banyak juga group dan komunitas yang datang untuk berlatih di lokasi ini. Seperti group sepak bola, sepeda BMX, skate board, street dance dan lain-lain.

Monumen Pembebasan Irian Barat | Click photo to enlarge
Tepat di kejauhan di depan Monumen Pembebasan Irian Barat terdapat prasasti yang menerangkan tentang tujuan pembangunannya monumen ini.

Prasasti Monumen Pembebasan Irian Barat | Click photo to enlarge

MONUMEN PEMBEBASAN IRIAN BARAT

Monumen ini untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat Irian Barat yang memilih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Lepas bebas dari belenggu penjajahan Belanda, karena wilayah Irian Barat dipertahankan Belanda sejak Konferensi Meja Bundar (1949) dan Belanda mengulur-ulur waktu sampai Bung karno membentuk Komando Trikora. Kata Irian singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Nederland.

Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun Anggaran 2011


Name : Monumen Pembebasan Irian Barat
Category : Monumen
Location : Lapangan Banteng Jakarta
Date Taken : 2012
Photo Contributor : -
Site : Monumen Pembebasan Irian Barat
Location Map :

View Untitled in a larger map

Post by: Foto Lokasi
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.