www.fotolokasi.com - Mencari tempat rafting di Sukabumi, nama Citarik bisa menjadi alternatif tujuan wisata alam di Jawa Barat. Dengan kondisi air sungai yang deras namun dirasa tidak terlalu berbahaya, dan sungai yang bermuara di Teluk Pelabuhan Ratu ini tergolong aman bagi pemula. Tidak hanya rafting, anda juga bisa mencoba jenis permainan outbound lain yang banyak disediakan oleh pengelola wisata setempat.

Baca: Lokasi Rafting Citarik, Tujuan Wisata Arung Jeram di Sukabumi

Mencoba permainan outbound tidaklah lengkap jika hanya mencoba satu atau beberapa permainan saja. Ada salah satu permainan outbound yang dinamakan Paintball, permainan ini menjadi salah satu permainan yang paling banyak digemari. Sebuah permainan perang-perangan yang bisa dimainkan dalam beberapa kelompok/regu. Tidak hanya mengandalkan keberanian ketika menembak lawan, main paintball juga membutuhkan keterampilan mengatur strategi untuk memenangkan misi.


Sebelum Main Paintball peserta dibekali dengan senjata khusus paintball dan beberapa perlengkapan keselamatan lain, seperti helm, kacamata google, rompi anti peluru, sepatu boot, dan seragam layaknya tentara. Butir peluru yang digunakan berbentuk bola, berukuran sebesar kelereng dan terbuat dari bahan gelatin, adapun bagian luarnya bermacam-macam, berisi cairan cat warna yang mudah dibersihkan. Jika peluru berwarna oranye maka isi cairan cat juga berwarna oranye, jika peluru berwarna hijau maka isi cairan cat juga berwarna hijau. Oleh sebab itu dalam bahasa Inggris dinamakan Paintball yang artinya Bola Cat.

Peluru painball dibagikan kepada pemain dengan jumlah yang sama rata sekitar 10 sampai 15 butir perluru bahkan lebih, tergantung kapasitas tabung senapan yang terdapat di bagian atas senapan paintball. Dengan jumlah peluru yang sudah dijatah, maka sebaiknya pemain tidak menghambur-hamburkan peluru menembak ke sembarang tempat. Karena jika peluru pemain habis, maka sudah dipastikan pemain tersebut akan kalah dan dijadikan sasaran empuk bagi grup musuh. Oleh karena itu sebisa mungkin bidik lawan dan tembak tepat ke sasaran bagian tubuh lawan.

Terkadang kita penasaran bagaimana rasanya ditembak dengan senapan paintball? Rasanya bisa sangat sakit, yang pasti akan meninggalkan bekas memar merah. Memar ini akan hilang dengan sendirinya sekitar 3 sampai 7 hari, bahkan bisa lebih tergantung jarak menerima tembakan dan kondisi tabung angin di senapan masih penuh. Semakin dekat jarak tembakan maka akan semakin sakit, begitu juga semakin penuh tekanan angin di senapan, maka rasa sakit bisa bertambah. Biasanya saat pertempuran baru dimulai kondisi tabung angin yang berfungsi memompa peluru dalam kondisi penuh.


Dari keterangan Instruktur pengelola permainan paintball agar saling menjaga keamanan para pemain. Pertama, sebisa mungkin tidak menembak lawan dari jarak dekat, yaitu jarak 0 sampai 3 meter. Kedua, tidak menembak bagian wajah lawan, karena meskipun sudah memakai masker pelindung yang terbuat dari kaca plastik dikhawatirkan kaca tersebut bisa pecah. Ketiga, tidak menembak bagian kepala belakang lawan, karena biasanya bagian belakang kepala tidak terlindungi oleh masker google. Terakhir, instruksi yang tidak kalah penting adalah karena permainan ini termasuk olahraga, maka sebaiknya lakukan pemanasan dan peregangan otot terlebih dahulu sebelum permainan dimulai.

Peraturan main paintball bermacam-macam, diantaranya mengalahkan semua team lawan dan menguasai pos pertahanan lawan. Biasanya pos pertahanan masing-masing team diberi bendera dan misi tugas peperangan ini adalah merebut bendera milik lawan. Menang dan kalahnya permainan ini dinyatakan jika bendera berhasil direbut atau semua pasukan lwan sudah sudah tertembak semua. Walaupun paintball ini adalah sebuah permainan, namun para pasukan perang biasanya sangat sportif. Jika mereka terkena tembakan, mereka sudah dinyatakan gugur dan keluar dari arena pertempuran.

Seperti kondisi medan perang sesungguhnya, biasanya pengelola paintball menyulut petasan. Membuat asap di sekitar arena pertempuran, atau memutar rekaman melaui pengeras suara efek suara tembakan, bom, dan suara hiruk-pikuk pertempuran. Tentu saja ini akan menambah semangat para pemain, dramatis, dan terlihat nyata. Pemain pun akan menikmati pertempuran, seakan mengingat kembali masa kecil saat main perang-perangan bersama kawan.

Di lokasi penyedia wisata outbound di berbagai tempat, biasanya tak hanya menyediakan satu jenis permainan saja. Ada juga permainan outbound yang lain seperti Flying Fox, High Rope, ATV Racing, dan Rafting. Bahkan ada juga outbound yang lebih ekstrim lagi seperti Bungee Jumping, Parasailing, Paragliding, Sky Diving, dan masih banyak jenis lainnya yang semuanya bisa menguji nyali. Untuk rafting sendiri, ada beberapa tips yang sekiranya bisa diketahui bagi para pemula.

Baca: 10 Tips Melakukan Rafting untuk Pemula


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours

Note: Only a member of this blog may post a comment.