www.fotolokasi.com - Dari Jembatan Kereta Gunung Antang yang dibangun tahun 1918, jika melanjutkan perjalanan menelusuri rel kereta 250 meter ke arah Stasiun Manggarai maka terdapat sebuah jembatan yang tidak kalah klasik, yaitu Jembatan Kereta Bukit Duri. Jembatan kereta ini membentang di atas Sungai Ciliwung Jl. Slamet Riyadi, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Karena jembatan ini terletak di Kelurahan Bukit Duri dan berbatasan dengan Kelurahan Manggarai Selatan, maka jembatan ini dikenal juga sebagai Jembatan Kereta Manggarai Selatan. Namun secara letak geografis yang dinamakan Jembatan Kereta Manggarai sesungguhnya adalah jembatan kereta yang berada di Pintu Air Manggarai, atau tepatnya berada di perbatasan jalan Sultan Agung dengan Jalan Tambak.

Baca artikel: Stasiun Manggarai dan Padatnya Aktivitas Penumpang Commuter Line


1 Abad Jembatan Kereta Bukit Duri

Sekilas tentang Bahasa Belanda (Dutch) yang diadaptasi penggunaannya oleh masyarakat Indonesia seperti dalam kalimat "Brug Spoorwegen Manggarai", "Brug" adalah kata dalam bahasa Belanda yang artinya "Jembatan". Kemudian kata "Brug" diadaptasi dan masuk kedalam kosakata Bahasa Jawa yang artinya tetap sama yaitu "Jembatan". Demikian halnya pada kata "Spoorwegen" dalam bahasa Belanda artinya "Kereta Api", kemudian di masyarakat Jawa penyebutan "Spoor" telah ditransliterasi pengucapannya menjadi "Sepur".
Baca artikel: Stasiun Manggarai Tempo Doeloe

Jembatan Kereta Bukit Duri

Keterangan tentang Jembatan Kereta Bukit Duri dari koresponden kami dengan seorang sumber kewarganegaraan Belanda, telah menyampaikan kepada kami barupa catatan-catatan dan dokumentasi foto masa lalu tentang jembatan ini. Beliau memberikan keterangan bahwa berita pembangunan jembatan dimuat di surat kabar lama (dalam bahasa Belanda). Pada kutipan kolom paragraf surat kabar menyebutkan jembatan tersebut dibangun tahun 1917, demikian penuturan dari responden yang bernama: Elsje Plantema.

Baca artikel: Jembatan Kereta Jatinegara

Kutipan Berita Jembatan Kereta Bukit Duri

Jembatan Kereta Manggarai Selatan

Jembatan Kereta Bukit Duri Tempo Doeloe

Jembatan Kereta Gunung Antang

Berikut kutipan berita dari sebuah scann koran Bataviaasch Nieuwsblad (Surat Kabar Batavia) tertanggal Rabu, 25 April yang mengabarkan bahwa Institut Keinsinyuran Kerajaan Cabang Hindia Belanda mengadakan rapat umum guna membicarakan laporan tahunan Perusahaan Trem Hindia Belanda. Pada pertemuan tersebut dikabarkan bahwa jembatan yang dibangun dengan konstruksi rangka beton ini dibangun menyebrangi Sungai Ciliwung dan tahap pembangunannya sudah hampir selesai. Jembatan tersebut adalah bagian dari Jalur Kereta Api Nasional (Staats Spoorwegen) yang terletak di Meester Cornelis (Red:Jatinegara Maester). Jembatan yang sudah selesai ini akan dikunjungi bersama rombongan yang dipimpin oleh Dr. J.H.A. Haarman, selaku ketua kantor konstruksi Staats Spoorwegen, dan designer perancangnya yaitu Ingenieur J. Plantema.

Baca artikel: Stasiun Manggarai Tempo Doeloe

Bataviaasch Nieuwsblad (Surat Kabar Batavia)

Sudah 1 Abad, Jembatan Kereta Bukit Duri masih kokoh berdiri dan masih digunakan hingga saat ini. Jika dilihat dari foto masa lalu keberadaan jembatan ini sangat indah, sebuah jembatan kereta membentang diatas sungai Ciliwung, terlihat suasana yang masih belum ramai dari pemukiman penduduk. Namun saat ini kondisi di sekitar jembatan ini sangat memprihatinkan, rumah-rumah banyak dibangun rapat di bantaran kali Ciliwung dan di sekitar jembatan ini, dibangun tembok setinggi 2,5 meter sehingga untuk melihat jelas jembatan ini sudah terhalang, dan di lokasi jembatan kereta ini pula menjadi tempat penampungan dan penjualan kayu dan bambu.

Sisi Sebelah Jembatan Kereta Bukit Duri

Pemukiman di Bawah Jembatan

Pemukiman Sekitar Jembatan Kereta Bukit Duri

Untuk melihat jelas Jembatan Kereta Bukit Duri bisa dilihat dari jembatan jalan raya Slamet Riyadi yang juga membentang di atas sungai Ciliwung. Letak jalan jembatan Slamet Riyadi memang berhadapan dengan Jembatan Kereta Bukit Duri. Namun di jembatan Slamet Riyadi telah dijadikan tempat bongkar muat sampah, tentu saja bau yang menyengat dari sampah tersebut selalu tercium ketika kita melintasi jembatan ini dan membuat orang yang lewat jembatan ini tidak peduli bahwa disana terdapat bangunan Jembatan Kereta Bukit Duri yang klasik.

Sampah di Jalan Slamet Riyadi

Truck Bongkar Muat Sampah

Jembatan Kereta Bukit Duri dari Jembatan Jalan Slamet Riyadi

Nama/Lokasi : Jembatan Kereta Bukit Duri
Kategori : Publik, Sarana Umum, Jembatan
Lokasi Alamat : Jl. Slamet Riyadi, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan
Tahun : 2017
Photo by : -
Website : -
Peta Lokasi :


Post by: Foto Lokasi
Author © Fotonia Lokasia
Share To:

Foto Lokasi

Post A Comment:

0 comments so far,add yours